Type something and hit enter

By On
Litepedia.com - VPN adalah jaringan private yang dapat diakses melalui jaringan publik, menggunakan media internet. Karena bersifat prifat maka tidak semua orang dapat mengakses jaringan ini. Pada saat hendak mengakses vpn tentu saja dibutuhkan akun vpn pada server vpn yang akan kita akses, atau bisa juga sobat langsung menggunakanya dalam bentuk aplikasi tanpa perlu memasukan akun vpn nya secara manual. Namun ada juga Keuntungan dan Bahaya Menggunakan VPN.

Keuntungan dan Bahaya Menggunakan VPN


VPN sering digunakan oleh perusahaan-perusahaan untuk menjaga informasi penting yang dimiliki perusahaan, selain itu juga karena mudah dan biaya yang relatif murah dalam penggunaanya. Cara kerja vpn adalah menjadi peerantara antara client/penggunanya dengan internet. Berikut adalah gambaran sederhananya :

Internet <++> VPN Server <++> VPN Client <++> Client

Jadi ketika sobat menggunakan vpn untuk mengakses internet sebenarnya koneksi yang sobat buat itu dipantulkan melalui pihak ketiga terlebih dahulu, tidak langsung mengakses server yang ada di internet. Dengan demikian tentu saja ada keuntungan dan bahaya menggunakan vpn. Berikut ulasanya :

Keuntungan Menggunakan VPN

1. Kerahasiaan (Confidentially)
Untuk komunikasi datanya vpn menggunakan metode enkripsi sehingga keamanan datanya menjadi lebih terjamin. Selain itu vpn bersifat private, sehingga informasi yang ditampilkan hanya boleh diakses oleh sekelompok pengguna yang tepat.

2. Keutuhan Data (Data Integrity)
Pada saat mengakses internet, komunikasi data yang berjalan sebenarnya sangat jauh, melewati berbagai negara bahkan dunia. Sebagai contoh ketika sobat mengakses facebook, sebenarnya sobat sedang melakukan komunikasi data dengan server facebook yang ada di Amerika sana. Mengingat komunikasi data yang sangat jauh tersebut vpn menggunakan teknologi keutuhan data untuk mengantisipasi berbagai ancaman seperti data hilang, rusak ataupun dimanipulasi oleh orang yang tidak seharusnya.

3. Autentikasi Sumber (Origin Authentication)
VPN melakukan pemeriksaan terhadap semua data yang masuk dan mengambil informasi sumber datanya. Kemudian, sumber data tersebut akan disetujui jika autentikasinya berhasil. Dengan demikian vpn memastika data yang dikirim berasal dari sumber yang seharusnya.

Meskipun dilengkapi dengan fitur yang cukup esensial, namun ternyata vpn juga memilii kekurangan bahkan bahaya menggunakan vpn, apalagi VPN Gratis. VPN sering kali dianggap lebih unggul dibanding koneksi internet biasa, namun jangan salah, berikut ini adalah kekurangan VPN :

Kekurangan dan Bahaya VPN

1. Internet Semakin Lemot
Karena koneksi yang kita buat melalui perantara pihak ketiga maka dapat menyebabkan koneksi yang kita buat semakin lambat, belum lagi jika pada server vpn terdapat firewall yang membatasi kecepatan transfer datanya.

2. Serangan Adware
Mungkin ada sebagian VPN yang dapat sobat gunakan secara gratis, namun ada resiko lain yang harus soba terima, yaitu serangan adware alias iklan yang cukup mengganggu. Iklan ini adalah sebagai sumber penghasilan bagi si pembuat aplikasi, sehingga si pembuat aplikasi membagikan aplikasinya secara gratis.

Bukan hanya iklanya saja yang mengganggu, terkadang iklan yang tampil juga mengarahkan ke situs yang berbahaya dan juga membuat koneksi melambat. VPN gratisan tersebut juga dapat merekam aktivitas penggunanya untuk kemudian diberikan kepada pihak pengiklan untuk memasang iklan tertarget kepada penggunanya.

3. Serangan Man In the Middle
Karena koneksi vpn ini melalui ihak ketiga, tidak menutup kemungkinan pihak ketiga ini bisa membongkar paket data yang lewat antara pengguna dan servernya untuk kemudian dimanfaatkan secara sepihak yang dapat merugikan penggguna vpn nya.

4. Kinerja HP/Komputer Semakin Berat
Karena diharuskan menjalankan aplikasi untuk terhubung ke vpn, sehingga perangkat keras harus bekerja lebih keras. Jika menggunakan hp/laptop maka efeknya batre akan cepat habis.

Demikianlah pembahasan tentang Keuntungan dan Bahaya Menggunakan VPN. Bijaksanalah dalam menggunakan vpn,ketahui resikonya. Jika ingin menggunakan vpn gunakanlah VPN yang reputasinya baik, sob.
Saya menyarankan untuk tidak melakukan transaksi keuangan saat menggunakan vpn, seperti internet banking, mobile banking atau yang lainya...
Salam sukses, untuk sobat litepedia...