Type something and hit enter

By On
Litepedia.com - Kali ini saya akan merekomendasikan 3 Software Pembuat Aplikasi Android Terbaik dan Ringan. Jika sobat hendak belajar membuat aplikasi tentu saja hal yang pertama perlu disiapkan adalah Software untuk membuat aplikasi android nya. Selain itu sobat juga harus telah memahami bahasa pemrograman yang akan digunakan terlebih dahulu.

Berbeda dengan cara membuat aplikasi komputer. Aplikasi berbasis android biasanya ditunjukan untuk perangkat mobile, seperti smartphone dan sejenisnya. Karena bentuk smartphone yang lebih kecil maka secara otomatis untuk tampilan dan penggunaan sumberdaya aplikasinya pun harus disesuaikan dengan kebutuhan pengguna smartphone. Untuk pengembangan aplikasinya juga berbeda dengan aplikasi dekstop.

Software Pembuat Aplikasi Android Terbaik dan Ringan

Berikut adalah ulasan aplikasinya :

1. Android Studio

Android Studio

Android studio merupakan Lingkungan Pengembangan terpadu (Integrated Development Environment) untuk membangun dan mengembangkan aplikasi berbasis android yang resmi dari Google. Android studio memiliki beberapa keunggulan yang patut sobat developer catat. Berikut adalah fitur yang ditawarkan Android Studio :
  • Dari segi tampilan android studio dilengkapi dengan tampilan yang multi screen. Hal ini tentu saja sangat membantu developer dalam mengembangkan aplikasi android secara lebih efektif dan efisien.
  • Android studio dilengkapi dengan intellegent code editor yang kompatibel dengan bahasa pemrograman Java, Kotlin dan C++ mampu menganalisa dan mengolah kode secara lengkap sehingga developer semakin produktif.
  • Android studio dilengkapi template kode yeng terintegrasi dengan Github, sehingga memudhkan sobat developer untuk mengembangkan aplikasi-aplikasi android  dari sampel-sampel projek yang telah tersedia di Github.
  • Android studio dilengkapi dengan emulator yang mencakup semua ukuran layar device, sehingga memudahkan sobat developer untuk meguji hasil projek yang dibuat.
  • Android studio dilengkapi dengan Flexible-based build system, yang berfungsi untuk membuat banyak apk dari satu buah projek kode yang dibuat.
  • Android studio menyediakan Realtime Profiler, fitur ini ment=yediakan statistik waktu nyata untuk CPU, memori dan aktifitas jaringan. Sehingga sobat developer dapat mengidentifikasi kemacetan kinerja dengan mencatat jejak metode, memeriksa tumpukan serta alokasi dan melihat muatan jaringan baik itu yang masuk ataupun yang keluar.
Berikut adalah persyaratan minimal untuk menginstall Android studio
Persyaratan minimal menginstall android studio

2. Eclipse

Eclipse adalah IDE yang fungsi utamanya adalah untuk mengembangkan aplikasi Java, tetapi juga dapat digunakan untuk bahasa pemrograman lain seperti Ada, ABAP, C, C++, COBOL, Fortran, Haskell, JavaScript, Lasso, Lua, ALAMI, Perl, PHP, Prolog. Python, R, Ruby, Scale, Clojure, Groovy, Skema dan Erlang dengan menggunakan bantuan plugin. Namun Eclipse juga dapat digunakan juga untuk mengembangkan aplikasi berbasis android.
Software Pembuat Aplikasi Android Terbaik dan Ringan Eclipse

Untuk mengembangkan aplikasi android dibutuhkan plugin Eclipse ADT(Android Development Tools). Dengan Plugin ADT eclipse dapat digunakan untuk menyiapkan projek android baru, membuat aplikasi UI, menambah paket berdasarkan kerangka android API, debug aplikasi menggunakan alat sdk android dan mengeksport file apk nya untuk didistribusikan.
Perbedaan Android Studio dan Eclipse
  • Jika pada android studio menggunakan build system gradle yang bisa membuat banyak versi aplikasi hanya dengan satu kode projek, pada eclipse menggunakan build system ant sehingga ketika ingin membuat banyak versi aplikasi maka diperlukan kode projek yanang banyak juga yang sesuai untuk masing-masing versinya.
  • Lebih ringan jika dibandingkan dengan android studio.
  • Lebih banyak library yang mendukung eclipse.
  • Jika pada android studio ada fitur anvanced android  code completion and refactoring, pada software eclipe tidak ada fitur ini.
Persyaratan Minimal Untuk Menginstall Eclipse
  • Hardisk space minimal 35 Gb. Yang akan digunakan untuk menyimpan tools dan framework installer yang diperlukan untuk pengembangan aplikasi android.
  • RAM minimal 2 Gb.
  • Software Java SDK.
  • Android SDK.

3. Xamarin

Xamarin adalah sebuah software IDE yang dikembangkan oleh perusahaan Xamarin Inc, yang mana aplikasi ini dapat digunakan untuk membuat aplikasi cross platform(android, ios dan  windows phone) dengan menggunakan bahasa pemrograman C#. 
Xamarin integrasi visual studio

Terdapat dua IDE pada xamarin:

  • Xamarin yang terintegrasi dengan visual studio. Ini direkomendasikan bagi sobat developer yang terbiasa menggunakan sistem operasi windows dan software visual studio.
  • Xamarin Studio. Direkomendasikan untuk sobat yang menggunakan sistem operasi Mac OS.
Tampilan antarmuka dapat secara otomatis menyesuaikan dengan projek yang dibuat. Misalnya sobat sedang mengembangkan aplikasi Android maka tampilanya akan mirip IDE eclipse, begitupun ketika sobat sedang mengembangkan aplikasi IOS maka tampilanya akan mirip dengan Xcode(IDE khusus untuk mengembangkan aplikasi IOS). Berikut adalah fitur yang ditawarkan Xamarin :
  • Cross-Platform Development, Dengan menggunakan bahasa C# projek kode yang sobat buat bisa digunakan di banyak platform, seperti Android, IOS, Mac dan WindowsPhone.
  • Visual Studio Integration, Dengan bermodalkan software android studio sobat sudah dapat menanamkan xamarin dan mulai mengembangkan aplikas-aplikasi mobile yang sobat inginkan,
Persyaratan minimal untuk menginstall Xamarin
  • RAM minimal 4 Gb, namun supaya lebih nyaman disarankan 8 Gb.
  • Sistem operasi minimal windows 7, usahakan versi terbaru.
Demikianlah rekomendasi Software Pembuat Aplikasi Android Terbaik dan Ringan. Sementara baru saya rekomendasikan 3 software. Postingan ini dapat saya sunting sesuai dengan perkembangan software seiring berjalanya waktu... Semoga bermanfaat...