Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Habis XIAOMI

Beberapa bulan yang lalu saya baru saja memberi Smartphone Xiaomi Redmi 5A. Baru kali ini saya memakai ponsel pabrikan dari Xiaomi ini.

Dan salah satu alasan saya memilih merk maupun seri tersebut karena kapasitas memori internalnya yang cukup banyak yakni 10 GB.

kapasitas memori segitu sangat besar untuk penggunaan saya yang paling hanya sebatas install aplikasi ukuran kecil saja, tidak untuk menginstall game game berat apalagi untuk menyimpan banyak file mulai dari Film dan lain sebagainya.

Saya pribadi tidak butuh HP dengan spek yang “WOW” karena memang penggunaannya ya hanya itu itu saja, sebatas buka sosmed, streaming di Youtube dan lain sebagainya.

Namun betapa kecewanya saya karena beberapa waktu yang lalu seringkali muncul notifikasi “ruang penyimpanan hampir habis”.

Awalnya saya kira kapasitas memori internal xiaomi tidak sesuai dan ternyata setelah saya cek normal saja, mungkin ada pengaturan penyimpanan xiaomi yang belum sesuai.

Saat itu Tercatat, penggunaan memori internal ponsel Xiaomi Redmi 5A saya mencapai 94% alias penuh, tentu saya cukup kaget.

Padahal aplikasi yang saya install pun hanya beberapa saja, yang cukup berat paling hanya Whatsapp, Maxstream, FB Lite dan Chrome saja. Tidak ada game sama sekali.

Baca Juga : cara memindah data dari hp ke flashdisk tanpa laptop dan pc

Dan setelah saya lihat lihat, ternyata kapasitas memori saya habis di bagian File Lainya dan Aplikasi (Untuk mengetahuinya, Buka file manager, lalu klik pada keterangan seperti gambar yang saya lingkari dibawah ini).

cara mengatasi memori internal xiaomi penuh atau habis

*Disitu penggunaan memori sudah 54% setelah saya menemukan solusinya…sebelumnya ya 94%, tapi lupa screenshoot :p.

Untuk penyimpanan gambar, video dan lainnya sih sedikit, tidak ada 1 GB.

cara mengatasi memori internal penuh xiaomi semua seri

Saya tidak tahu maksud “File Lainya” itu apa karena saat di klik justru tidak di alihkan ke mana mana, beda kalau kita klik misalnya “Aplikasi“, kita akan di bawa ke menu daftar aplikasi yang kita install.

Saat itu yang saya lakukan hanya melakukan Cleaner saja memakai aplikasi Pembersih bawaan, namun tetap saja, tidak berefek sama sekali.

Browsing kesana kemari pun solusinya hanya disuruh hapus aplikasi yang sudah terinstall, lha mau dihapus apanya? Wong aplikasinya aja cuma hitungan biji, sama saja saya menghapus semua aplikasi dong, hehehe.

Dan ternyata….! Akhirnya saya menemukan solusinya.

Apa itu?

Silakan ikuti langkah berikut ini:

  1. Masuk ke menu pengaturan atau Setelan.
  2. Lalu scrool ke bawah dan klik menu “Aplikasi Terinstal”.
  3. Silakan cari aplikasi yang memiliki ukuran paling berat, lalu klik apk tersebut (tenang saja, kita tidak akan meng uninstall aplikasinya kok).
  4. Setelah di klik, muncul informasi seperti gambar berikut:
  5. Lihat pada bagian “Penyimpanan“, jika apk tersebut terlalu banyak menyedot space penyimpanan atau memori internal, silakan klik “Hapus Data->Bersihkan Cache/Data“.

cara mengatasi ruang penyimpanan yang hamir habis xiaomi redmi 5a

Wah ribet dong harus klik aplikasinya satu satu? Hehehe, tidak perlu kok, langsung saja cari aplikasi BROWSER, biasanya apk itulah yang paling banyak menyedot memori internal.

FYI : Sebelumnya penyimpanan google chrome di HP saya mencapai 5 GBan, pas sudah dibersihkan jadi berkurang.

Waktu itu ternyata yang membuat ponsel saya memorinya full karena aplikasi Google Chrome yang penyimpanannya mencapai 5 GB Lebih!

Sekali lagi, 5 GB! Gila kan?.

Setelah dibersihkan, alhasil penyimpananya jadi 0 sehingga memori yang tadinya terpakai 94% sekarang hanya 54% saja.

Tentu saja aplikasinya tidak terhapus, karena kita TIDAK uninstall, kita hanya membersihkan cache aplikasinya saja…

Catatan! : Melakukan cara diatas berarti menghapus data browsing kamu seperti password, history search dan lainya, pastikan kamu ingat semua password, misalnya di google chrome kamu tersimpan password email, maka sebelum menghapus penyimpanan, ingat dulu passwordnya agar bisa login kembali.

Tapi berdasarkan pengalaman saya sih, password masih tersimpan kok, asal kan akun gmail yang kamu gunakan sudah ter sinkronkan dengan HP Xiaomi kamu.

Paling nanti pas buka browser (setelah clear cache), akan muncul Sinkronkan akun email ini ke browser? Jika iya, maka kamu sudah langsung login email otomatis.

Bahkan data browsingnya pun tidak hilang.

Saya sering mengetikan di google “cara bla bla bla”, dan saat saya searching lagi, baru saya mengetikan kalimat “cara“, dibawahnya sudah muncul suggested keyword yang sama seperti saya searching terdahulu, karena memang historynya masih tersimpan di akun email yang kita gunakan tadi, bukan tersimpan di aplikasi chromenya.

Tapi untuk akun kamu yang lain seperti FB dan lainnya jelas tidak tersimpan.

Nah, itulah solusinya, ada pertanyaan misalnya bagaimana cara menambah memori internal xiaomi dan lain sebagainya? Silakan diskusi via komentar yak :D.

Tinggalkan komentar