Cek IMEI Xiaomi

Litepedia.com – IMEI merupakan singkatan dari International Mobile Equipment Identity, semua ponsel Xiaomi punya kode IMEI tersendiri yang tentu berbeda antar 1 ponsel dengan yang lainnya. Admin sendiri saat ini memakai Xiaomi Redmi 5A. Untuk apa sih melakukan Cek IMEI Xiaomi?

Pengecekan ditujukan untuk memeriksa apakah ponsel atau HP yang kita pakai saat ini memang asli atau tidak (palsu). Sebenarnya ya tidak penting juga sih kalau sebelumnya kamu membeli Smartphone Xiaomi dari toko resminya, sepertinya tidak bakalan ada barang palsu.

cara mengetahiu IMEI HP Xiaomi

Tapi untuk kamu yang membelinya via Online mungkin dari flash sale? Tentu sangat disarankan untuk memeriksa IMEI HP Xiaomi agar tidak menyesal nantinya, karena kalau ponsel xiaomi kita palsu, tentu akan sangat dirugikan salah satunya tidak dapat meng klaim garansi TAM, nanti admin juga akan share cara cek garansi resmi TAM Xiaomi, karena itu juga penting.

Cek IMEI Xiaomi Redmi 5A, Redmi 4X, Redmi 3 Pro Dan lainya

Sekali lagi, cara yang admin bagikan di bawah ini bisa untuk cek imei xiaomi semua seri atau type mulai dari Redmi 5A, Redmi Note 4X, Redmi 3 Pro dan lain sebagainya.

FYI : Xiaomi saat ini memang menjadi salah satu ponsel yang begitu populer karena harganya yang terjangkau, jadi “kemungkinan” ada beberapa pihak yang bertindak curang dengan membuat barang xiaomi yang palsu.

Mengetahui IMEI Xiaomi Melalui *#06#

  1. Buka menu panggilan dan langsung saja dial kode *#06#
  2. Tunggu beberapa saat sampai muncul informasi imei smartphone Xiaomi.
  3. Contoh saat admin mengecek kode nomor IMEI Ponsel milik admin sendiri, nanti akan muncul 2 IMEI.

cara mengetahui kode imei xiaomi semua seri

Melalui Menu Settings atau Pengaturan Xiaomi

  1. Selain via kode diatas, bisa juga dengan cara masuk ke menu pengaturan, lalu pilih menu ABOUT Phone atau Tentang Ponsel.
  2. Disitu nanti ada pilihan menu Status dan klik menu tersebut.
  3. Kemudian pilih menu Informasi IMEI.
  4. Bukan hanya 2 cara diatas saja, satu lagi yakni bisa melalui fisik, kita bisa melihat informasi kode IMEI Xiaomi HP kita lewat dus box saat kita membeli HP.

cara cek imei xiaomi terbaru

Kalau Sudah Tahu IMEI Xiaomi, Bagaimana Cek RESMI atau TIDAK nya?

Paste kode IMEI yang sudah di dapatkan, lalu kunjungi situs verifikasi internasional HP Xiaomi disini https://www.mi.com/en/verify/#/id/tab/imei.

Silakan cek disitu, kalau ditemukan berarti ponsel memang ASLI. Tapi kadang tidak ditemukan (meskipun ponsel memang asli, mungkin karena belum masuk database).

Intinya yang penting cocokkan IMEI yang ada di dus box bagian belakang dan yang dari kode *#06#, kalau cocok berarti ya kemungkinan besar asli.

Untuk itu, alternatifnya kamu bisa cek juga melalui Kementerian Perindustrian dengan kunjungi website resminya di http://kemenperin.go.id/imei .

Silakan masukan IMEI yang di dapat dari kode *#06# tadi.

Cara Cek Masa Garansi TAM Xiaomi Resmi atau Tidak?

Hampir setiap ponsel pabrikan Xiaomi pasti memiliki masa garansi yang biasanya selama 2 Tahun, tentu saja kalau ponselnya pun bisa dipastikan, apalagi mengenai masa garansi? Makanya, perlu juga melakukan pengecekan akan hal ini, karena kalau ternyata garansi TAM pada smartphone Xiaomi kamu TIDAK Resmi, itu juga tidak akan membuat kamu mendapatkan hak masa garansi tersebut, karena hanya yang bergaransi RESMI lah yang dapat menggunakan garansinya.

Datang ke Xiaomi Service Center

Kalau menurut saya pribadi, akan lebih baik kalau untuk memastikannya langsung mengunjungi saja service center xiaomi terdekat di wilayah kamu.

Cek Melalui Wesite Xiaomi

Kunjungi situs resminya di http://buy.mi.com/id/registration, masukan kode IMEI Ponsel kamu disitu, nantinya akan muncul keterangan bertuliskan mandarin dan ada kata kata “ERAJAYA” disitu. Ada juga keterangan pembelian dari Indonesia.

Jika muncul begitu, berarti masa garansi Xiaomi kamu memanglah benar resmi.

Lihat Pada Dusbox Xiaomi

Cara yang sangat simpel, kamu bisa lihat bagian belakang dus box, disitu ada keterangan produksi oleh PT. SAT Nusapersada TBK yang beralamat di JL. Pelita di Kepulauan Riau dan juga PT Erajaya Swasembada, jika ada berarti garansi TAM ponsel memang benar adanya.

Melalui situs Sertifikasi Ditjen SDPPI

Terakhir, kamu bisa mengunjungi situs resmi Ditjen SDPPI di https://sertifikasi.postel.go.id/index.php?/sertifikat, silakan masukkan nomor sertifikasi yang ada pada dusbox, contoh nomornya yakni 12345/SDPPI/2018 misalnya, jika di cek mungul ERAJAYA SWASEMBADA, maka garansi TAM memang berlaku.

Itulah cara cek IMEI Xiaomi, untuk masalah seperti IMEI Tidak terdaftar, admin pribadi belum tahu pastinya kenapa, tapi jangan berfikir negatif dulu bahwasanya pas di cek muncul tidak terdaftar langsung berkesimpulan kalau ponsel tersebut palsu, untuk memastikannya datang saja ke toko resmi atau service center. Karena kalau via online mungkin ada kesalahan input database seperti halnya di situs buy.mi.com/id, beberapa waktu yang lalu situs tersebut masih belum sempurna.

Tinggalkan komentar